Visitor 2 online
rss_feed

Website Pekon Bumi Ratu

Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu
Provinsi Lampung | 1810052010

Jl. Raya Bumi Ratu   085273558616   35375  
pekonbumiratu2010@gmail.com    https://bumiratu-pringsewu.desa.id

  SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMART VILLAGE PEKON BUMI RATU KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG - AYO CEGAH COVID-19 DENGAN TETAP DIRUMAH - MENJAGA JARAK - MEMAKAI MASKER - MENCUCI TANGAN    
keyboard

9 Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia yang Telah Dapat Izin Penggunaan Darurat dari BPOM

12 Okt 2021 10:28:17 7 Kali

Saat ini, ada sembilan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia. Kesemuanya telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM.  BPOM menegaskan bahwa semua jenis vaksin Covid-19 yang mendapat EUA telah melalui pengkajian yang intensif terhadap keamanan, khasiat, dan juga mutunya.  “Badan POM selalu berkolaborasi bersama para pakar dalam memastikan pemenuhan standar keamanan, khasiat, dan mutu vaksin. Kami melibatkan para pakar di bidang farmakologi, imunologi, klinisi, apoteker, epidemiologi, virologi, dan biomedik yang tergabung dalam tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), serta asosiasi klinisi terkait,” ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito. 

Berikut adalah 9 jenis vaksin Covid-19 yang telah mendapat EUA dari BPOM

 

1. Sinovac 

Vaksin Sinovac adalah vaksin Covid-19 pertama di Indonesia yang mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM. EUA diterbitkan oleh BPOM pada hari Senin, 11 Januari 2021.  Izin penggunaan darurat terhadap Sinovac diberikan setelah BPOM mengkaji hasil uji klinis tahap III vaksin yang dilakukan di Bandung. BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil.  Dari hasil analisis terhadap uji klinis fase III di Bandung menunjukkan efikasi vaksin Covid-19 Sinovac sebesar 65,3 persen. Vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac Research and Development Co.,Ltd ini diberikan dua dosis.  Jumlah setiap dosisnya  0,5 ml, dengan interval minimal pemberian antar dosis adalah selama 28 hari.  Mengutip berita Kompas.com pada 16 Juli 2021, efek samping vaksin Sinovac menurut BPOM antara lain: nyeri, iritasi, pembengkakan, nyeri otot, dan demam.

Adapun efek samping vaksin Sinovac dengan derajat berat seperti:

  • sakit kepala
  • gangguan di kulit
  • diare yang dilaporkan hanya sekitar 0,1 sampai dengan 1 persen.

 

2. Vaksin Covid-19 Bio Farma 

Satu bulan kemudian, tepatnya pada 16 Februari 2021, BPOM kembali mengeluarkan EUA untuk vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero). Vaksin dengan nama produk vaksin Covid-19 itu memiliki nomor izin penggunaan EUA 2102907543A1.  Vaksin yang diproduksi oleh PT Bio Farma ini berasal dari bahan baku vaksin yang secara bertahap telah dikirimkan oleh Sinovac. Vaksin ini memiliki bentuk sediaan vial 5 ml. Setiap vial berisi 10 dosis vaksin yang berasal dari virus yang di-inaktivasi.  Untuk menjaga mutu dan kualitasnya, vaksin Covid-19 ini harus disimpan dalam tempat penyimpanan dengan suhu stabil antara 2-8 derajat celsius. Pada setiap vial telah dilengkapi dengan dua dimensi barcode khusus yang menunjukan detail informasi dari setiap vial. Hal itu berfungsi untuk melacak vaksin dan mencegah pemalsuan vaksin. 

 

3. AstraZeneca 

Hanya berselang beberapa hari, BPOM kemudian kembali mengeluarkan EUA untuk vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca, pada 22 Februari 2021 dengan nomor EUA 2158100143A1.  BPOM memberikan izin penggunaan darurat untuk AstraZeneca usai melakukan evaluasi bersama Komite Nasional Penilai Obat dan pihak lainnya. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan University of Oxford ini memiliki efikasi sebesar 62,1 persen. Vaksin ini diberikan secara intramuskular dengan dua kali penyuntikan. Setiap penyuntikan dosis yang diberikan sebesar 0,5 persen dengan interval minimal pemberian antar dosis yaitu 12 minggu.  Efek samping vaksin Astrazeneca bersifat ringan dan sedang.

Berikut efek samping vaksin AstraZeneca:

  • nyeri
  • kemerahan
  • gatal
  • pembengkakan
  • kelelahan
  • sakit kepala
  • meriang
  • mual

 

4. Sinopharm 

Pada 29 April 2021, BPOM mengeluarkan EUA untuk vaksin Covid-19 Sinopharm dengan nomor EUA 2159000143A2. Vaksin Sinopharm didistribusikan oleh PT.Kimia Farma dengan platform inactivated virus atau virus yang dimatikan.  Berdasarkan hasil evaluasi, pemberian vaksin sinopharm dua dosis dengan selang pemberian 21 hari menujukkan profil keamanan yang dapat ditoleransi dengan baik. Hasil uji klinik fase III yang dilakukan oleh peneliti di Uni Emirates Arab (UAE) dengan subjek sekitar 42 ribu menunjukan efikasi vaksin Sinopharm sebesar 78 persen.   Efek samping vaksin Sinopharm yang banyak dijumpai adalah efek samping lokal yang ringan.

Di antaranya seperti berikut: nyeri atau kemerahan di tempat suntikan, efek samping sistemik berupa:

  • sakit kepala
  • nyeri otot
  • kelelahan
  • diare
  • batuk

 

5. Moderna

Vaksin Covid-19 Moderna mendapat EUA dari BPOM pada Jumat, 2 Juli 2021. Berdasarkan data uji klinis fase ketiga menunjukkan efikasi vaksin Moderna sebesar 94,1 persen pada kelompok usia 18-65 tahun.  Efikasi vaksin Moderna kemudian menurun menjadi 86,4 persen untuk usia di atas 65 tahun. Hasil uji klinis juga menyatakan vaksin Moderna aman untuk kelompok populasi masyarakat dengan komorbid atau penyakit penyerta.  Komorbid yang dimaksud yakni penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit lever hati, dan HIV.

Beberapa efek samping yang paling sering dirasakan sebagai berikut:

  • nyeri (di tempat suntikan),
  • kelelahan,
  • nyeri otot,
  • nyeri sendi,
  • dan pusing.

Sementara itu, potensi gejala umum atau moderat yang muncul dapat berupa: lemas, sakit kepala, menggigil, demam, dan mual

 

6. Pfizer 

Selang dua pekan kemudian, BPOM kembali menerbitkan EUA untuk vaksin Covid-19 Pfizer pada 15 Juli 2021.   Data uji klinik fase III menunjukkan efikasi vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer Inc. dan BioNTech ini sebesar 100 persen pada usia remaja 12-15 tahun, kemudian menurun menjadi 95,5 persen pada usia 16 tahun ke atas.  Beberapa kajian menunjukkan keamanan vaksin Pfizer ini dapat ditoleransi pada semua kelompok usia. Vaksin Pfizer diberikan secara intramuskular dengan dua kali penyuntikan.  Setiap penyuntikan dosis yang diberikan sebesar 0,3 ml dengan interval minimal pemberian antar dosis yaitu 21-28 hari.  Untuk efek samping pasca-vaksinasi, sebagian besar cenderung bersifat ringan.

Berikut beberapa efek samping vaksin Pfizer yang umum dilaporkan:

  • nyeri badan di tempat bekas suntikan
  • kelelahan
  • nyeri kepala
  • nyeri otot
  • nyeri sendi
  • demam

 

7. Sputnik V 

BPOM menerbitkan EUA untuk vaksin Covid-19 Sputnik V. EUA diterbitkan oleh BPOM pada Selasa, 24 Agustus 2021. Vaksin Sputnik V digunakan untuk kelompok usia 18 tahun ke atas.  Vaksin ini diberikan secara injeksi intramuscular dengan dosis 0,5 mL untuk 2 kali penyuntikan dalam rentang waktu 3 minggu.  Vaksin yang dikembangkan oleh The Gamaleya National Center of Epidemiology and Microbiology di Russia ini menggunakan platform Non-Replicating Viral Vector (Ad26-S dan Ad5-S).  Sementara untuk efikasinya, data uji klinik fase 3 menunjukkan vaksin Sputnik V memberikan efikasi sebesar 91,6 persen dengan rentang confidence interval 85,6 persen- 95,2 persen.

Berdasarkan hasil kajian terkait dengan keamanannya, efek samping dari penggunaan Sputnik v merupakan efek samping dengan tingkat keparahan ringan atau sedang seperti flu yang ditandai dengan: demam, menggigil, nyeri sendi, nyeri otot, badan lemas, ketidaknyamanan, sakit kepala, hipertermia atau reaksi lokal pada lokasi injeksi 

 

8. Janssen 

Terbaru, BPOM mengumumkan EUA terhadap vaksin Covid-19 yang diproduksi Johnson & Johnson, yaitu Janssen Covid-19 Vaccine. Izin penggunaan darurat untuk vaksin Janssen diumumkan BPOM pada 7 September 2021.  Vaksin Janssen digunakan untuk kelompok usia 18 tahun ke atas dengan pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL secara intramuscular.  Janssen adalah vaksin yang dikembangkan oleh Janssen Pharmaceutical Companies dengan platform Non-Replicating Viral Vector menggunakan vector Adenovirus (Ad26).  Dalam hal efikasi, berdasarkan data interim studi klinik fase 3 pada 28 hari setelah pelaksanaan vaksinasi, efikasi vaksin Janssen untuk mencegah semua gejala Covid-19 adalah sebesar 67,2 persen. Kemudian efikasi untuk mencegah gejala Covid-19 sedang hingga berat pada subjek di atas 18 tahun adalah sebesar 66,1 persen.  Reaksi lokal maupun sistemik dari pemberian vaksin Janssen Covid-19 menunjukkan tingkat keparahan grade 1 dan 2. 

 

9. Convidecia 

EUA terhadap vaksin Covid-19 yang diproduksi CanSino, yaitu Convidecia diumumkan bersamaan dengan vaksin Janssen yaitu pada 7 September 2021.  Vaksin Convidecia merupakan vaksin yang dikembangkan oleh CanSino Biological Inc. dan Beijing Institute of Biotechnology juga dengan platform Non-Replicating Viral Vector menggunakan vector Adenovirus (Ad5).  Sama seperti Janssen, vaksin Covid-19 Convidecia juga digunakan untuk kelompok usia 18 tahun ke atas dengan pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL secara intramuscular.  Efikasi vaksin Convidecia untuk perlindungan pada semua gejala Covid-19 adalah sebesar 65,3 persen. Untuk perlindungan terhadap kasus Covid-19 berat, efikasi mencapai 90,1 persen.  Dari hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari sisi keamanan, secara umum pemberian vaksin Convidecia dapat ditoleransi dengan baik.  Seperti Janssen, reaksi lokal maupun sistemik dari pemberian vaksin Convidecia menunjukkan tingkat keparahan grade 1 dan 2.  KIPI dari pemberian vaksin Convidecia juga menunjukkan reaksi ringan hingga sedang.

KIPI lokal yang umum terjadi, antara lain adalah nyeri, kemerahan, dan pembengkakan, serta KIPI sistemik yang umum terjadi adalah: sakit kepala, rasa lelah, nyeri otot, mengantuk mual, muntah, demam, dan diare.

 

 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia yang Telah Dapat Izin Penggunaan Darurat dari BPOM"

Penulis : Wahyuni Sahara

Editor : Wahyuni Sahara

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  Ganti Kode  

account_circle Aparatur Pekon

Alamat : Jl. Raya Bumi Ratu
Pekon : Bumi Ratu
Kecamatan : Pagelaran
Kabupaten : Pringsewu
Kodepos : 35375
Telepon : 085273558616
Email : pekonbumiratu2010@gmail.com

message Komentar Terkini

  • person Erika Sukma Lestari

    date_range 29 September 2021 12:32:05

    Assalamualaikum selamat siang, perkenalkan saya Erika mahasiswa universitas Lampung yang kini sedang menyelesaikan skripsi. Kebetulan skripsi saya berbicara mengenai janengan. Apakah saya bisa berdiskusi dengan para pemain janengan untuk keperluan data skripsi saya..
  • person Eti Rohayati

    date_range 13 September 2021 12:47:04

    mau perbaruhi kk dan bikin akte anak...
  • person darwanto

    date_range 02 September 2021 20:27:35

    mantap semoga pekon bumiratu tampah sukses slalu
  • person Iwan

    date_range 30 Agustus 2021 10:33:40

    Cek dana desa tahun ini
  • person Sugiyanto

    date_range 21 Agustus 2020 12:39:41

    Mantab makin bersih dan indah
  • person darwanto

    date_range 16 Juli 2020 19:08:54

    mantap,,,
  • person Wawan.s

    date_range 16 Juli 2020 15:10:43

    Lanjut...... Tetap semangat
  • person Sugiyanto

    date_range 16 Juli 2020 12:26:38

    Siap laksanakan aturan
  • person JAMILI

    date_range 13 Juli 2020 09:39:37

    SAYA SUKA
  • person Ismali

    date_range 29 Juni 2020 12:29:58

    Pertahankan dan tingkatkan

insert_photo Galeri Foto

Prakiraan Cuaca

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:448
Kemarin:1.216
Total Pengunjung:292.882
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.238.204.31
Browser:Tidak ditemukan

contacts Info Media Sosial

folder Arsip Artikel


    • ISMALI

      Kepala Pekon Pekon

    • DAVID YUSUF

      Sekretaris Pekon

    • ADITYA YUDIAWAN

      Kasi Pemerintahan

    • SUGIYANTO

      Kasi Kesejahteraan

    • ARIF SETIYAWAN

      Kasi Pelayanan

    • TURYANTO

      Kaur Perencanaan

    • KISWARA MAHARDIKA

      Kaur TU & Umum

    • WAWAN SUHENDI

      Kaur Keuangan

    • PURWADI

      Kadus I

    • SUHENDRI

      Kadus II

    • DARWANTO

      Kadus III

    • ROHADI SANTO

      Kadus IV

    • LAELATUL MUNAWAROH

      Operator Website

    • AHMAD KURNIADI

      Operator Website

    Scan LinkBrowser



    Scan APK

    448 viewer

    Pengunjung Hari Ini

    36.84 %
    Kemarin 1.216 viewer

    router OpenSID™ versi 21.10-premium-rev01

    • lock Login Aplikasi
      Halaman Administrator

    • phone Kontak Aparatur Desa
      Telepon, SMS, dan Whastapp

    • android Unduh APK
      Aplikasi SID for Android

    insert_chart
    APBDes 2021 Pelaksanaan

    Realisasi | Anggaran

    PENDAPATAN
    Rp. 1,307,611,911 | Rp. 1,779,320,000
    Realisasi 73.49 %
    BELANJA
    Rp. 1,261,778,549 | Rp. 1,824,625,566
    Realisasi 69.15 %
    PEMBIAYAAN
    Rp. 45,305,566 | Rp. 45,305,566
    Realisasi 100 %
    insert_chart
    APBDes 2021 Pendapatan

    Realisasi | Anggaran

    Hasil Usaha Desa
    Rp. 1,348,750 | Rp. 3,500,000
    Realisasi 38.54 %
    Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
    Rp. 1,000,000 | Rp. 3,000,000
    Realisasi 33.33 %
    Dana Desa
    Rp. 938,843,200 | Rp. 1,240,679,000
    Realisasi 75.67 %
    Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
    Rp. 17,905,721 | Rp. 20,019,000
    Realisasi 89.44 %
    Alokasi Dana Desa
    Rp. 347,323,534 | Rp. 458,622,000
    Realisasi 75.73 %
    Penerimaan dari Hasil Kerjasama Antar Desa
    Rp. 0 | Rp. 1,000,000
    Realisasi 0 %
    Bunga Bank
    Rp. 1,190,706 | Rp. 2,500,000
    Realisasi 47.63 %
    Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
    Rp. 0 | Rp. 50,000,000
    Realisasi 0 %
    insert_chart
    APBDes 2021 Pembelanjaan

    Realisasi | Anggaran

    BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
    Rp. 423,851,053 | Rp. 608,904,214
    Realisasi 69.61 %
    BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
    Rp. 308,865,496 | Rp. 452,821,852
    Realisasi 68.21 %
    BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
    Rp. 6,590,000 | Rp. 9,717,500
    Realisasi 67.82 %
    BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
    Rp. 53,180,000 | Rp. 87,690,000
    Realisasi 60.65 %
    BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
    Rp. 469,292,000 | Rp. 665,492,000
    Realisasi 70.52 %