Pekon Bumi Ratu

Kec. Pagelaran
Kab. Pringsewu - Lampung

Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMART VILLAGE PEKON BUMI RATU KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG - AYO CEGAH COVID-19 DENGAN TETAP DIRUMAH - MENJAGA JARAK - MEMAKAI MASKER - MENCUCI TANGAN

Artikel

9 Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia yang Telah Dapat Izin Penggunaan Darurat dari BPOM

YUYUN WIDIARTI

12 Oktober 2021

219 Kali dibuka

Saat ini, ada sembilan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia. Kesemuanya telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM.  BPOM menegaskan bahwa semua jenis vaksin Covid-19 yang mendapat EUA telah melalui pengkajian yang intensif terhadap keamanan, khasiat, dan juga mutunya.  “Badan POM selalu berkolaborasi bersama para pakar dalam memastikan pemenuhan standar keamanan, khasiat, dan mutu vaksin. Kami melibatkan para pakar di bidang farmakologi, imunologi, klinisi, apoteker, epidemiologi, virologi, dan biomedik yang tergabung dalam tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), serta asosiasi klinisi terkait,” ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito. 

Berikut adalah 9 jenis vaksin Covid-19 yang telah mendapat EUA dari BPOM

 

1. Sinovac 

Vaksin Sinovac adalah vaksin Covid-19 pertama di Indonesia yang mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM. EUA diterbitkan oleh BPOM pada hari Senin, 11 Januari 2021.  Izin penggunaan darurat terhadap Sinovac diberikan setelah BPOM mengkaji hasil uji klinis tahap III vaksin yang dilakukan di Bandung. BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil.  Dari hasil analisis terhadap uji klinis fase III di Bandung menunjukkan efikasi vaksin Covid-19 Sinovac sebesar 65,3 persen. Vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac Research and Development Co.,Ltd ini diberikan dua dosis.  Jumlah setiap dosisnya  0,5 ml, dengan interval minimal pemberian antar dosis adalah selama 28 hari.  Mengutip berita Kompas.com pada 16 Juli 2021, efek samping vaksin Sinovac menurut BPOM antara lain: nyeri, iritasi, pembengkakan, nyeri otot, dan demam.

Adapun efek samping vaksin Sinovac dengan derajat berat seperti:

  • sakit kepala
  • gangguan di kulit
  • diare yang dilaporkan hanya sekitar 0,1 sampai dengan 1 persen.

 

2. Vaksin Covid-19 Bio Farma 

Satu bulan kemudian, tepatnya pada 16 Februari 2021, BPOM kembali mengeluarkan EUA untuk vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero). Vaksin dengan nama produk vaksin Covid-19 itu memiliki nomor izin penggunaan EUA 2102907543A1.  Vaksin yang diproduksi oleh PT Bio Farma ini berasal dari bahan baku vaksin yang secara bertahap telah dikirimkan oleh Sinovac. Vaksin ini memiliki bentuk sediaan vial 5 ml. Setiap vial berisi 10 dosis vaksin yang berasal dari virus yang di-inaktivasi.  Untuk menjaga mutu dan kualitasnya, vaksin Covid-19 ini harus disimpan dalam tempat penyimpanan dengan suhu stabil antara 2-8 derajat celsius. Pada setiap vial telah dilengkapi dengan dua dimensi barcode khusus yang menunjukan detail informasi dari setiap vial. Hal itu berfungsi untuk melacak vaksin dan mencegah pemalsuan vaksin. 

 

3. AstraZeneca 

Hanya berselang beberapa hari, BPOM kemudian kembali mengeluarkan EUA untuk vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca, pada 22 Februari 2021 dengan nomor EUA 2158100143A1.  BPOM memberikan izin penggunaan darurat untuk AstraZeneca usai melakukan evaluasi bersama Komite Nasional Penilai Obat dan pihak lainnya. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan University of Oxford ini memiliki efikasi sebesar 62,1 persen. Vaksin ini diberikan secara intramuskular dengan dua kali penyuntikan. Setiap penyuntikan dosis yang diberikan sebesar 0,5 persen dengan interval minimal pemberian antar dosis yaitu 12 minggu.  Efek samping vaksin Astrazeneca bersifat ringan dan sedang.

Berikut efek samping vaksin AstraZeneca:

  • nyeri
  • kemerahan
  • gatal
  • pembengkakan
  • kelelahan
  • sakit kepala
  • meriang
  • mual

 

4. Sinopharm 

Pada 29 April 2021, BPOM mengeluarkan EUA untuk vaksin Covid-19 Sinopharm dengan nomor EUA 2159000143A2. Vaksin Sinopharm didistribusikan oleh PT.Kimia Farma dengan platform inactivated virus atau virus yang dimatikan.  Berdasarkan hasil evaluasi, pemberian vaksin sinopharm dua dosis dengan selang pemberian 21 hari menujukkan profil keamanan yang dapat ditoleransi dengan baik. Hasil uji klinik fase III yang dilakukan oleh peneliti di Uni Emirates Arab (UAE) dengan subjek sekitar 42 ribu menunjukan efikasi vaksin Sinopharm sebesar 78 persen.   Efek samping vaksin Sinopharm yang banyak dijumpai adalah efek samping lokal yang ringan.

Di antaranya seperti berikut: nyeri atau kemerahan di tempat suntikan, efek samping sistemik berupa:

  • sakit kepala
  • nyeri otot
  • kelelahan
  • diare
  • batuk

 

5. Moderna

Vaksin Covid-19 Moderna mendapat EUA dari BPOM pada Jumat, 2 Juli 2021. Berdasarkan data uji klinis fase ketiga menunjukkan efikasi vaksin Moderna sebesar 94,1 persen pada kelompok usia 18-65 tahun.  Efikasi vaksin Moderna kemudian menurun menjadi 86,4 persen untuk usia di atas 65 tahun. Hasil uji klinis juga menyatakan vaksin Moderna aman untuk kelompok populasi masyarakat dengan komorbid atau penyakit penyerta.  Komorbid yang dimaksud yakni penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit lever hati, dan HIV.

Beberapa efek samping yang paling sering dirasakan sebagai berikut:

  • nyeri (di tempat suntikan),
  • kelelahan,
  • nyeri otot,
  • nyeri sendi,
  • dan pusing.

Sementara itu, potensi gejala umum atau moderat yang muncul dapat berupa: lemas, sakit kepala, menggigil, demam, dan mual

 

6. Pfizer 

Selang dua pekan kemudian, BPOM kembali menerbitkan EUA untuk vaksin Covid-19 Pfizer pada 15 Juli 2021.   Data uji klinik fase III menunjukkan efikasi vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer Inc. dan BioNTech ini sebesar 100 persen pada usia remaja 12-15 tahun, kemudian menurun menjadi 95,5 persen pada usia 16 tahun ke atas.  Beberapa kajian menunjukkan keamanan vaksin Pfizer ini dapat ditoleransi pada semua kelompok usia. Vaksin Pfizer diberikan secara intramuskular dengan dua kali penyuntikan.  Setiap penyuntikan dosis yang diberikan sebesar 0,3 ml dengan interval minimal pemberian antar dosis yaitu 21-28 hari.  Untuk efek samping pasca-vaksinasi, sebagian besar cenderung bersifat ringan.

Berikut beberapa efek samping vaksin Pfizer yang umum dilaporkan:

  • nyeri badan di tempat bekas suntikan
  • kelelahan
  • nyeri kepala
  • nyeri otot
  • nyeri sendi
  • demam

 

7. Sputnik V 

BPOM menerbitkan EUA untuk vaksin Covid-19 Sputnik V. EUA diterbitkan oleh BPOM pada Selasa, 24 Agustus 2021. Vaksin Sputnik V digunakan untuk kelompok usia 18 tahun ke atas.  Vaksin ini diberikan secara injeksi intramuscular dengan dosis 0,5 mL untuk 2 kali penyuntikan dalam rentang waktu 3 minggu.  Vaksin yang dikembangkan oleh The Gamaleya National Center of Epidemiology and Microbiology di Russia ini menggunakan platform Non-Replicating Viral Vector (Ad26-S dan Ad5-S).  Sementara untuk efikasinya, data uji klinik fase 3 menunjukkan vaksin Sputnik V memberikan efikasi sebesar 91,6 persen dengan rentang confidence interval 85,6 persen- 95,2 persen.

Berdasarkan hasil kajian terkait dengan keamanannya, efek samping dari penggunaan Sputnik v merupakan efek samping dengan tingkat keparahan ringan atau sedang seperti flu yang ditandai dengan: demam, menggigil, nyeri sendi, nyeri otot, badan lemas, ketidaknyamanan, sakit kepala, hipertermia atau reaksi lokal pada lokasi injeksi 

 

8. Janssen 

Terbaru, BPOM mengumumkan EUA terhadap vaksin Covid-19 yang diproduksi Johnson & Johnson, yaitu Janssen Covid-19 Vaccine. Izin penggunaan darurat untuk vaksin Janssen diumumkan BPOM pada 7 September 2021.  Vaksin Janssen digunakan untuk kelompok usia 18 tahun ke atas dengan pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL secara intramuscular.  Janssen adalah vaksin yang dikembangkan oleh Janssen Pharmaceutical Companies dengan platform Non-Replicating Viral Vector menggunakan vector Adenovirus (Ad26).  Dalam hal efikasi, berdasarkan data interim studi klinik fase 3 pada 28 hari setelah pelaksanaan vaksinasi, efikasi vaksin Janssen untuk mencegah semua gejala Covid-19 adalah sebesar 67,2 persen. Kemudian efikasi untuk mencegah gejala Covid-19 sedang hingga berat pada subjek di atas 18 tahun adalah sebesar 66,1 persen.  Reaksi lokal maupun sistemik dari pemberian vaksin Janssen Covid-19 menunjukkan tingkat keparahan grade 1 dan 2. 

 

9. Convidecia 

EUA terhadap vaksin Covid-19 yang diproduksi CanSino, yaitu Convidecia diumumkan bersamaan dengan vaksin Janssen yaitu pada 7 September 2021.  Vaksin Convidecia merupakan vaksin yang dikembangkan oleh CanSino Biological Inc. dan Beijing Institute of Biotechnology juga dengan platform Non-Replicating Viral Vector menggunakan vector Adenovirus (Ad5).  Sama seperti Janssen, vaksin Covid-19 Convidecia juga digunakan untuk kelompok usia 18 tahun ke atas dengan pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL secara intramuscular.  Efikasi vaksin Convidecia untuk perlindungan pada semua gejala Covid-19 adalah sebesar 65,3 persen. Untuk perlindungan terhadap kasus Covid-19 berat, efikasi mencapai 90,1 persen.  Dari hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari sisi keamanan, secara umum pemberian vaksin Convidecia dapat ditoleransi dengan baik.  Seperti Janssen, reaksi lokal maupun sistemik dari pemberian vaksin Convidecia menunjukkan tingkat keparahan grade 1 dan 2.  KIPI dari pemberian vaksin Convidecia juga menunjukkan reaksi ringan hingga sedang.

KIPI lokal yang umum terjadi, antara lain adalah nyeri, kemerahan, dan pembengkakan, serta KIPI sistemik yang umum terjadi adalah: sakit kepala, rasa lelah, nyeri otot, mengantuk mual, muntah, demam, dan diare.

 

 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia yang Telah Dapat Izin Penggunaan Darurat dari BPOM"

Penulis : Wahyuni Sahara

Editor : Wahyuni Sahara

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Pekon

DIANTORO

Sekretaris Pekon

DAVID YUSUF

Kasi Kesejahteraan

SUGIYANTO

Kasi Pelayanan

YUYUN WIDIARTI

Kasi Pemerintahan

LAELATUL MUNAWAROH

Kaur Perencanaan

AYAT LUKMAN

Kaur Keuangan

AGUNG SULAIMAN

Kaur TU & Umum

TEGAR PRAMUDIA

Kadus I

PURWADI

Kadus II

SUHENDRI

Kadus IV

ROHADI SANTO

Operator Website

FADZIL AMRULLAH ASY SYAHID

Operator 2

ROFI HIDAYANI

Kadus III

JULI PURWOKO

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Pekon Bumi Ratu

Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung

Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin 07:30:00 15:45:00
Selasa 07:30:00 15:30:00
Rabu 07:30:00 15:30:00
Kamis 07:30:00 15:30:00
Jumat 07:30:00 15:30:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Agenda

Belum ada agenda terdata

Verivali data KPM BLT-DD

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatAula Kantor Kepala Pekon Bumi Ratu

Pendampingan Hukum dari Kejaksaan Negeri Pringsewu Tentang BLT-DD 2021

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatBalai Pertemuan Pekon Bumi Ratu

Capil Turun Ke Pekon!!

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatBalai Pertemuan Pekon Bumi Ratu

Rapat Koordinasi PPKP

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatAula Kantor Kepala Pekon Bumi Ratu

Rapat Koordinasi Posko PPKM

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatBalai Pertemuan Pekon Bumi Ratu

Vaksin Tahap 1, 2 dan 3

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatBalai Pertemuan Pekon Bumi Ratu

Pelantikan Perangkat Pekon

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatAula Kantor Kepala Pekon Bumi Ratu

Pemutakhiran Data IDM 2022

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatBalai Pertemuan Pekon Bumi Ratu

Sosialisasi Pemanfaatan Sempadan Waduk Way Sekampung

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatAula Kecamatan Pagelaran

Perekaman E-KTP

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatKantor Pekon Bumi Ratu

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gudang Pangan

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatDusun Tirtasari Pekon Sukaratu

Pelantikan Kepala Pekon 2022 - 2028

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatGOR Mini Kabupaten Pringsewu

Perletakan Batu Pertama Pembangunan Penyediaan Air Baku Bendungan Way Sekampung

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatBendungan Way Sekampung

Peningkatan Kapasitas BHP

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatBalai Pertemuan Pekon Bumi Ratu

Pembekalan Relawan Masyarakat Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Bencana

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatAula Kantor Kepala Pekon Bumi Ratu

Finalisasi Input Pemutakhiran Data SDGs Tahun 2022

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatAula Kecamatan Pagelaran

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatGSG Pagelaran

Sosialisasi Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek)

Waktu03 Juni 2023 15:57:07
TempatUrban Hotel Pringsewu

Belajar Bersama Tim Smart Village Kabupaten Pingsewu

Waktu25 Juli 2023 08:00:00
TempatAula Kecamatan Pagelaran

Sosialisasi Aplikasi E-Pajak

Waktu26 Juli 2023 09:00:00
TempatKantor Bapenda Pringsewu

Monitoring PBB Tingkat Kecamatan

Waktu25 Juli 2023 08:00:00
TempatAula Kantor Kepala Pekon Bumi Ratu

Sosialisasi pengabdian masyarakat dari UNILA

Waktu01 Agustus 2023 09:30:00
TempatWisata Ratu Banyu

Penyampaian Jadwal Rembuk Stunting

Waktu15 Agustus 2023 08:30:00
TempatGedung Sasana Krida

Pelatihan POKDAKAN

Waktu09 Agustus 2023 08:30:00
TempatGedung Sasana Krida

Rapat Koordinasi Bulanan

Waktu14 November 2023 20:00:00
TempatAula Kantor Kepala Pekon

Pelaksanaan Jemput bola administrasi kependudukan

Waktu22 November 2023 08:00:16
Tempatgedung sanana krida

HIMBAUAN

Waktu22 Desember 2023 15:15:00
TempatPekon Bumi Ratu

Komentar

Statistik Pengunjung

Hari ini:473
Kemarin:908
Total:817.444
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:34.204.169.230
Browser:Tidak ditemukan

Media Sosial

Transparansi Anggaran

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan

AnggaranRealisasi
Rp 1.410.000.000,00Rp 0,00

Belanja

AnggaranRealisasi
Rp 1.439.956.852,05Rp 0,00

Pembiayaan

AnggaranRealisasi
Rp 99.956.852,05Rp 99.956.852,05

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

AnggaranRealisasi
Rp 5.500.000,00Rp 0,00

Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 875.000.000,00Rp 0,00

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

AnggaranRealisasi
Rp 38.000.000,00Rp 0,00

Alokasi Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 483.000.000,00Rp 0,00

Bantuan Keuangan Provinsi

AnggaranRealisasi
Rp 6.000.000,00Rp 0,00

Bunga Bank

AnggaranRealisasi
Rp 2.500.000,00Rp 0,00

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 579.651.746,05Rp 0,00

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 633.610.000,00Rp 0,00

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 20.450.000,00Rp 0,00

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

AnggaranRealisasi
Rp 33.445.106,00Rp 0,00

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

AnggaranRealisasi
Rp 172.800.000,00Rp 0,00

Lokasi Kantor Pekon

Latitude:-5.359345257634639
Longitude:104.91970471026611

Pekon Bumi Ratu, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu - Lampung

Buka Peta

Wilayah Pekon